Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)

Identitas Program Studi PGMI

Perguruan Tinggi

Institut Agama Islam Sukabumi (IAIS)

Fakultas

Tarbiyah

Prodi

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Akreditasi Terakhir

Gelar Akademik               

S.Pd.

Strata

Strata Satu (S-1)

Kode Program Studi dalam PDPT

PGMI

Tanggal Program Spesikasi

Juli 2017

Ketentuan Masuk

·         Lulus dari satuan pendidikan SMA / MA / SMK / MAK / Diniyah Ulya (Mu’adalah) / pendidikan kesetaraan paket C. Lulusan harus memiliki ijazah satuan pendidikan yang diakui dan lulus tahun berjalan sekurang-tinggi telah memiliki Surat Keterang Lulus (SKL) dari Kepala Sekolah / Madrasah yang menyediakan pasfoto terbaru yang dibutuhkan  dan dibubuhi cap sekolah / madrasah.

·         Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak memungkinkan proses pembelajaran kelancaran di Perguruan Tinggi Agama Islam. 

·         Tidak buta warna bagi program studi tertentu

Latar belakang dan sejarah Perkembangan Program Studi PGMI

Prodi PGMI  Fakultas Tarbiyah Insitut Agama Islam Sukabumi (IAIS), adalah sebuah program studi unggulan di Insitut Agama Islam Sukabumi (IAIS), dengan berpedoman teguh kepada Al-Quran dan Hadist, sesuai dengan perkembangan zaman, dimana mahasiswa di tuntut menjadi, Insan Akademis , Pencipta, dan Pengabdi yang bernafaskan Islam dengan berlandaslakan Ilmu yang Amaliyah serta Amal yang Ilmiyah, sesuai dengan Tridarma Perguruan Tinggi, Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian, untuk menghasilkan Pemimpin Masa yang akan datang yang unggul dari segi Kompetentif, Inovatif, dan Profesionalisme, proses yang di maksud adalah menjadi ciri dan karakter Prodi PGMI  yang akan diikut sertakan dalam terwujudnya Masyarakat yang Adil Makmur yang di Ridhai Allah SWT,terkait dengan latar belakang tersebut Prodi PGMI, Visi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah Institut Agama Islam Sukabumi adalah “Menjadikan Program Studi Guru Madrasah Ibtidaiyyah yang Mampu Menghasilkan Sarjana Pendidikan Berkarakter Islami, Profesional, Kompetitif, dan Unggul dalam Media Pembelajaran Global untuk Ikut serta dalam Meningkatkan ilmu-ilmu Keislaman yang Terintegrasi pada Tahun 2030” .

Untuk dapat merealisasikan dari pada Visi diatas, maka Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah menetapkan Misi nya sebagai berikut:

  • Menyelenggarakan pendidikan guru madrasah ibtidaiyah yang inovatif, kreatif, dan berbasis kesatuan ilmu pengetahuan dan berwawasan kearifan lokal;
  • Menyelenggarakan pengabdian kepada masyaraka sebagai implementasi hasil riset dan pengembangan ilmu pendidikan guru madrasah ibtidaiyah;
  • Menjalin kerjasama dengan multiguna dan LP3M untuk pengembangan media pembelajaran berbasis lingkungan;
  • Melakukan kerjasama dengan lembaga riset ilmu pendidikan keguruan madrasah ibtidaiyah di tingkat regional, nasional, dan internasional.

Memperhatikan atas Visi, Misi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah Institut Agama Islam Sukabumi tersebut, maka tujuan penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah adalah sebagai berikut: 

  • Menghasilkan lulusan yang memiliki karakter islami
  • Menghasilkan lulusan yang professional dalam bidang pendidikan guru madrasah ibtidaiyyah
  • Menghasilkan lulusan yang mampu merespon perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi dalam bidang ilmu pendidikan yang berlandaskan pada nilai-nilai keislaman.
  • Menghasilkan lulusan yang mandiri dan unggul dalam media pembelajaran berlandaskan prinsip-prinsip ilmu pendidikan Islam.

Sesuai dengan visi, misi dan tujuan prodi, telah ditetapkan berbagai sasaran untuk dicapai. Berikut diuraikan sasaran Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah berdasarkan tujuan program studi, yaitu :

  • Penguatan dan pengembangan secara kelembagaan.
  • Pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan tenaga profesional di bidang pendidikan guru madrasah ibtidaiyyah.
  • Peningkatan kuantitas dan kualitas mahasiswa.
  • Peningkatan bidang penelitian dan publikasi ilmiah guna mengembangkan ilmu dan aplikasi bidang pendidikan guru madrasah ibtidaiyyah.
  • Bidang penyelenggaraan layanan pengabdian pada masyarakat secara profesional sebagai upaya penerapan inovasi bidang pendidikan guru madrasah ibtidaiyyah.

Profil Lulusan Dan Capaian Program Pembelajaran Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

  1. Profil Utama Lulusan Program Studi PGMI : menyiapkan lulusan menjadi pendidik di sebuah lembaga pendidikan atau pun di luar lembaga pendidikan yang menguasai di bidangnya, diantaranya:
  • Menguasai dan kuat dari segi keimanan
  • Menguasai dan kualitas di bidang keilmuan
  • Menguasai pengamalan di bidang pendidikan
  • Menguasai ilmu pendidikan guru madrasah ibtidaiyah
  • Menguasai tridarma perguruan tinggi
  1. Profil Tambahan Lulusan : menyiapkan Lulusan menjadi :
  • Pendidik/wali kelas di MI
  • Konsultan Pendidikan
  • Praktisi Pendidikan
  • Aktivis Pendidikan
  • Pejuang dan pemikir di bidang Pendidikan
  • Edupreneur

Pendekatan Dan Metode  Pembelajaran

Sistem pembelajaran PGMI dibangun berdasarkan perencanaan yang relevan dengan tujuan, ranah belajar dan hierarkinya, tujuan dan metode pembelajaran yang menggunakan berbagai strategi dan teknik yang menantang, mendorong siswa untuk berpikir kritis bereksplorasi, berkreasi dan bereksperimen dengan menggunakan sumber aneka.  Setiap perkuliahan berpartisipasi dan Andragogi berpartisipasi.  Pembelajaran saintifik, pembelajaran ilmiah, pembelajaran interaktif, pembelajaran aktif, pembelajaran partisipatif, pembelajaran kooperatif, inkuiri, penemuan, pembelajaran kontekstual, pemecahan masalah. 

Adapun strategi belajar antara lain;  brainstorming, pembicaraan kapur, komentar poster / sesi poster, jigsaw, debat aktif, pencarian informasi, Homeproject, resitas.  Proses pembelajaran di atas didukung oleh media pembelajaran berbasis informasi, teknologi, dan komunikasi.  Dosen menyusun Instrumen dan perangkat perkuliahan: Siapkan Silabus, RPS, Kontrak Perkuatan dan bahan ajar di awal perkuliahan, Dosen menerapkan metode pembelajaran konstruktivisme, menggunakan media pembelajaran yang meningkat, menjadikan siswa lebih proaktif dan tidak dapat berpartisipasi, menjadikan siswa peduli untuk memanfaatkan potensi kempetensinya,  membuat siswa lebih efesien dalam belajar, memberikan kemudahan siswa untuk mendapatkan materi perkuliahan, memberikan wawasan global untuk setiap mahasiswa atas setiap informasi, dosen mampu menggunakan evaluasi pemebelajaran yang lebih tepat dalam menilai kompetensi, memungkinkan terciptanya interaksi akademik antara sivitas akademika. 

Program dan kegiatan akademik dan non-akademik (seminar dalam kelas luar) untuk menciptakan suasana akademik (seminar, simposium, lokakarya, bedah buku, penelitian bersama, pengenalan kehidupan kampus, dll.).  Antar akademik antara dosen-mahasiswa, antar mahasiswa, serta antar dosen. Pengembangan perilaku kecendekiawanan.  Mendorong dan memberi bimbingan siswa dalam kreativitas karya dilmiyah dan program kreativitas siswa.  mendukung suasana akademik yang kondusif untuk dosen dan mahasiswa dalam proses kegiatan belajar/mengajar serta untuk mengadakan kegiata-kegiatan ilmiah secara akademik.  Belajar berinteraksi siswa dan dosen dalam proses belajar mengajar yang mudah. 

Dalam melakukan pengabdian masyarakat melakukan koordinasi yang vertikal dan horizontal dengan lembaga magang Fakultas dalam hal ini pihak Akademik, juga lembaga ekstern Fakultas Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM).

Program dan kegiatan di dalam dan di luar proses pembelajaran, yang dilaksanakan dengan baik di dalam di luar kelas, untuk menciptakan akademik yang kondusif (misalnya seminar, simposium, pelatihan, bedah buku, penelitian bersama, kampanye petualangan kampus, dan temu dosen-mahasiswa-alumni).

Program dan Kegiatan di dalam proses pembelajaran.  Dalam rangka menciptakan suasana akademik yang kondusif, Prodi PGMI Fakultas Tarbiyah menyelenggarakan beberapa program dan kegiatan yang dilakukan dalam proses pembelajaran, meliputi:

  • Program peningkatan kompetensi keagamaan, dilaksanakan melalui praktikum ibadah dan praktikum qiraat yang dilaksanakan pada tahun pertama perkuliahan;
  • Program Peningkatan kompetensi IT, dilaksanakan melalui praktikum komputer yang dilaksanakan pada tahun kedua perkuliahan;
  • Program Peningkatan kompetensi pedagogik, dilaksanakan melalui praktikum, disetujui mikro yang dilaksanakan pada tahun yang lalu perkuliahan; dan Praktik Profesi Lapangan Terpadu (PPLT) pada semester akhir perkuliahan.
  • Program Peningkatan Kompetensi, dilaksanakan melalui praktikum mata kuliah inti pada tahun ketiga, ujian selesai setelah menyelesaikan mata kuliah, dan ujian munaqasyah setelah menyelesaikan semua mata kuliah dan lulus ujian perbaikan;
  • Program Peningkatan kompetensi kebahasaan, dilaksanakan melalui pelatihan TOEFL (Tes Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing) dan pelatihan TOAFL (Tes Bahasa Arab sebagai Bahasa Asing) pada tahun peningkatan perkuliahan.
  • Praktek Kerja Lapangan (Praktek Kerja Lapangan) dipersiapkan untuk mahasiswa dengan bimbingan para dosen yang terkait dengan perkuliahan dengan terlebih dahulu diberikan fasilitas-fasilitas praktikum serta penyediaan kemitraan praktikum.
  • Penelitian Bersama Mahasiswa (Penelitian Gabungan) yang dimaksudkan sebagai civitas akademik, misalnya dari pemerintah atau lembaga lain. Senantiasa jika memungkinkan mampu menyertakan siswa dengan arahan dari dosen untuk membantu aktif didalamnya. 

 

Program dan Kegiatan di luar proses pembelajaran.  Selain menyelenggarakan beberapa program dan kegiatan yang dilakukan dalam proses pembelajaran seperti yang disebutkan di atas, masih dalam rangka mengembangkan akademik yang kondusif, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah menyelenggarakan beberapa program dan kegiatan yang dilakukan di luar proses pembelajaran, meliputi:

  • Program Peningkatan kompetensi pedagogik, dilaksanakan pada tahun keempat (melalui Praktik Profesi Lapangan Terpadu), melalui PPLT dan pendampingan madrasah binaan;
  • Program Peningkatan kompetensi keilmuan, dilaksanakan secara tentatif melalui seminar, kuliah umum, simposium, bedah buku, studi banding, dan penelitian;
  • Program Peningkatan Kompetensi Profesi dilaksanakan melalui kegiatan Magang I, II, III bertempat di pesantren, sekolah / madrasah, dan lembaga pemerintah yang memerlukan pendidikan.
  • Program Peningkatan kompetensi sosial, dilaksanakan secara insidental melalui pertemuan alumni dan dosen.